Jumat, 03 Oktober 2014

FIELDTRIP ke PERKAMPUNGAN BETAWI

FIELDTRIP SETU BABAKAN


Dalam post kali ini, saya akan menceritakan pengalaman fieldtrip ke Perkampungan Betawi Setu Babakan yang berlokasi di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.



Hari Kamis, 2 Oktober 2014 PSIKOLOGI 2014 mengadakan fieldtrip ke Setu Babakan. Adapun, kegiatan ini diadakan sebagai kuliah lapangan dari blok Filsafat yang sedang kami tempuh. 



Kami wajib berkumpul maksimal jam 6.45 karena diadakan kuliah pengantar mengenai Seni, Budaya, Agama, dan Etos Kerja. Pengantar ini disampaikan oleh Pak Carolus dan Pak Raja yang sekaligus menjadi "guardian" kami bersama Pak Mikha. Kegiatan ini hanya berlangsung sekitar 40 menit. Kami dijelaskan mengenai lokasi, dan TUGAS yang harus dikerjakan selama disana. BANYAK SEKALI LOH TUGASNYA ! Tapi gapapa, yang penting jalan-jalan ga suntuk-suntuk amat di kelas he....he.....he. 



Setelah diadakan kuliah pengantar, kami semua dibagi ke dalam 3 bus berdasarkan kelas kami - Ya, kecuali kelas D yang memang harus dipencar-pencar. Tapi gapapa, the more the merrier, ya kan ? Ini loh penampakan bus yang kami pakai (Kelas A). 


MR. BUS yang bagus dan dingin.
Nah setelah itu, kami beranjak ke bus masing-masing. Seperti biasa, semua langsung sibuk mencari teman untuk duduk bersama. Saya juga. Di dalam bus, saya duduk bertiga dengan Stefanny dan Vania. Sepanjang perjalanan, kami malah curhat-curhatan. Padahal, Pak Carolus menginstruksikan untuk mengambil gambar ketika di bus. AH, ya sudahlah. Maaf Pak. (peace). Perjalanan kami tidak lama hanya sekitar 1 jam. Thanks to macetnya-Jakarta-yang-ga-usah-ditanya-lagi. 
Ketika sampai, kami mendapatkan pengarahan seperti biasa. Masuk dalam kelompok dan seperti yang sudah dijelaskan kami harus mewawancarai beberapa penduduk (boleh pedagang) di daerah itu, kami juga diminta untuk mengambil foto grup yang kreatif! Nah setelah pulang, hasil wawancara dan foto itu dimasukkan ke dalam laporan perjalanan kami. 
Kami pun bergegas mencari pedagang yang bisa diwawancarai dan kosong (tidak dikerumuni kelompok lain). Akhirnya, kami melihat pedagang kerak telor ! Hmmm... semua sepakat untuk mewawancarainya dan jajan tentu saja. Setelah selesai, kami diberikan makan siang. Padahal, di bus kami juga diberikan snack. Betapa baik dan pengertian panitianya. Terharu. 
Nah, selama disana kami mewawancarai beberapa orang termasuk seorang marinir... Ini diaa beberapa foto yang kami ambil. 

Pedagang Arum Manis

Pedagang Es Doger

Pedagang Soto Betawi

Pedagang Dodol

Marinir (Ray yang potret)
Itu hanya sebagian, hehehe. Oh ya, tidak hanya mewawancarai, tetapi kami juga diarahkan ke Pentas Kebudayaan dan Kesenian Betawi. Disana kami melihat Tarian Tradisional Betawi, makanan(lagi) dan Boneka Ondel-Ondel khas Betawi. Disana sebenarnya kami diminta untuk mewawancarai orang disana, tetapi karena bertabrakan dengan acara institusi lain. Kami tidak melakukan wawancara, hanya pengamatan. Ini dia foto kami dengan ondel-ondel.
Spirit to Share feat. Ondel-ondel

Setelah puas melihat pertunjukan, wawancara, dan makan (paling banyak). Kami semua dikumpulkan kembali jam 2.15. Setelah berfoto-foto, kami pulang dehh !! Di perjalanan, banyak yang tidur karena lelah. Menurut saya, perjalanan ke Setu Babakan sangat tidak terlupakan.

Bagi yang belum tahu Setu Babakan ini dia fotonya

Ini danau yang super kerennnn !!! di pinggirnya asik banget buat... ngobrol hehe

Ini Pintu Keluar Bang Pitung hehe 
Sebagai penutup, ini ada foto-foto SPIRIT TO SHARE ! Terimakasih telah membacaa !



SALAM SPIRIT TO SHARE !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar